Hantologie_harga-bitcoin-terbaruJPG

hantologie.com, Bitcoin menjadi fenomena baru dalam mata uang digital, keuntungan yang menggiurkan yang di tawarkan menjadikan beberapa orang berinvestasi pada mata uang digital ini. Namun harga bitcoin terbaru akhir-akhir ini menurun apa penyebabnya? Untuk itu mari kita cari tahu penyebab dari turunya mata uang digital yang sedang ramai ini, apakah nasib bitcoin akan seperti fenomena lainya?

Banyak  pihak berpendapat tentang penurunan ini, bahwa turunya nilai tukar Bitcoin ini di karenakan terjadi sebelum dilakukan penjualan oleh banyaknya spekulan. Alasan lain dari nilai tukar Bitcoin menjadi turun drastis adalah karena minat banyak yang beralih pada jenis uang digital lainnya seperti Ripple, Litecoin, hingga Ethereum.

Meskipun  begitu para pesaing Bitcoin ini belum banyak di kenal, namun mata uang lain tersebut memiliki peluang besar merebut ke populeran bitcoin. Apa saja mata uang tersebut, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Ripple (XRP)

Pesaing Bitcoin yang pertama ini mulai dikembangkan sejak 2012 oleh seorang mantan pengembang Bitcoin yang sudah sejak awal dipertimbangkan dapat menjadi seorang suksesor atas Bitcoin. Apalagi, mata uang ini sudah berhasil menjadi sistem pembayaran sampai pengiriman uang melalui beberapa bank yang berada di seluruh dunia.

Sehingga  Ripple bukan sekedar sebuah mata uang belaka, namun juga sebuah sistem yang memungkinkan setiap mata uang dapat ditransfer atau di perjual belikan oleh siapapun. Saat ini Ripple diperjual belikan dengan harga hampir lebih dari US$ 0,25 dan nilai market cap hingga US$ 9,82 miliar.

IOTA (MIOTA)

Belum banyak orang   yang mengenal mata uang jenis ini karena pesaing bitcoin ini masi baru di bidang cryptocurrency. Tak seperti para mata uang lainya, IOTA tidak bergantung pada jaringan blockchain, namun memanfaatkan alternatif lain yang memiliki nama Tangle. IOTA diprediksi mampu menjadi sebuah marketplace pertama yang di dukung oleh Internet of Thingskarena dan bermitra dengan Fujitsu,  Microsoft,  dan sejumlah perusahaan yang cukup besar lainnya. Pada akhir tahun 2017 lalu, nilai tukar mata uang  IOTA mencapai nilai US$ 2,34 dengan nilai perusahaan mencapai US$ Ethereum (ETH)

Ethereum

Token ether di tulis dari jaringan blockchain dengan nama Ethereum sama seperti Bitcoin. Ethereum mulai di kembangkan sejak tahun 2014 oleh seorang mantan penulis dari Bitcoin Monthly untuk melanjutkan sebuah desentralisasi. T

api hal ini berbeda dengan Bitcoin, etherum memiliki sifat terbuka karena platform software yang menggunakan ether untuk bertransaksi tak terpusat. Etherum diperjual belikan dengan nilai  tukar mencapai lebih dari US$ 472 dan untuk nilai keseluruhannya dapat mencapai US$ 45,5 miliar.

Dash (DASH)

Digital Cash merupakan sebuah kepanjangan dari mata uang digital yang satu ini setelah sempat berganti beberapa nama. Dash atau Digital Cash dinilai berbeda dengan para kompetitornya hal ini di sebabkan karena Dash hanya fokus pada transaksi anonim dan privasi saja.

Ada dua buah sistem yang mengoperasikan Digital Cash ini, yang pertama yaitu miners dan yang ke dua adalah masternodes jaringan relawan yang menandai transaksi dalam Dash ini. sekarang nilai tukar Dash menyentuh angka yang baik yaitu sekitar US$ 777 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 6 miliar.

Litecoin (LTC)

Kompetitor Bitcoin ini disebut menjadi alternatif yang memiliki harga cukup murah karena ini merupakan hasil gagasan dari seorang mantan karyawan Google, karena pilihan mendapatkan uang digital di nilai lebih gampang.

Litecoin menargetkan pada seorang penjual yang sangat membutuhkan volume besar dengan nilai transaksi yang tidak besar dan dapat diproses dengan lebih cepat ketimbang harus berfokus pada transaksi dengan nilai yang cukup besar. Di akhir 2017 nilai tukar Litecoin sudah mencapai angka US$ 101 dengan tentu saja kapitalisasi pasar hingga US$ 5,47 miliar.

Para pesaing ini dapat menjadi penyebab dari penurunan harga bitcoin, harga bitcoin terbaru saat ini mencapai 900 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here