Kamera DSLR Sony
Kamera DSLR Sony

Hantologie.com, Kamera saat ini menjadi salah satu barang yang paling banyak dicari. Kegunaannya untuk mengabadikan gambar maupun video belum bisa tergeserkan meskipun banyak bermunculan smartphone yang memiliki spesifikasi kamera terbaik sekalipun. Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap kamera digital tidak begitu penting karena bisa mengandalkan kemampuan kamera dari smartphone. Namun berbeda halnya dengan para pecinta fotografi. Mereka akan lebih puas mengambil gambar dengan kamera DSLR karena akan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya. Semakin banyaknya pecinta dunia fotografi, membuat banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menjadi bagian dari bisnis, seperti bisnis jasa fotografi, bisnis penyewaan kamera, hingga bisnis jual beli kamera.

Jual Kamera DSLR
Jual Kamera DSLR

Jika Anda tertarik untuk melakukan bisnis jual beli, maka Anda bisa menjual tidak hanya kamera saja namun juga aksesorisnya. Anda bisa menjual kamera, lensa, tripod, tas, alat pembersih, atau bahkan melengkapinya dengan menyediakan jasa untuk service kamera. Peluang usaha yang satu ini terbilang sangat menggiurkan karena keuntungannya yang akan diperoleh cukup besar. Untuk Anda yang tertarik berbisnis jual dan beli kamera bekas, maka wajib hukumnya untuk mengetahui terlebih dahulu seluk beluk komponen pada kamera dan lensa agar bisa menentukan harga yang sesuai.

Pada bodi kamera, Anda harus mengetahui komponen apa yang biasanya mudah rusak dan berpotensi cepat rusak karena masa pemakaiannya. Yang paling sering dipergunakan sebagai patokan harga adalah shutter count dari sebuah kamera. Semakin banyak jumlahnya, semakin besar juga potensinya untuk minta diganti, sehingga semakin rendah juga harganya. Sedangkan untuk lensa kamera, Anda perlu memperhatikan kondisi karet di sekitar lensa kamera, kualitas kaca, hingga keberadaan jamur yang mempengaruhi kualitas sebuah lensa ketika digunakan untuk memotret.

camera Xiaomi Yi Action
camera Xiaomi Yi Action

Nah, jika anda tertarik untuk menggeluti bisnis jual beli kamera, berikut ini ada beberapa cara untuk memulainya:

Menyiapkan modal

Untuk memulai suatu usaha pasti tidak akan lepas dari yang namanya modal, termasuk untuk berbisnis jual beli produk-produk kamera dan aksesorisnya. Anda harus menyiapkan dana untuk menyewa toko (jika berjualan secara offline), stok barang, serta biaya operasional. Namun jika modal Anda cukup terbatas, berjualan secara online di situs jual beli online terpercaya bisa menjadi pilihan yang baik. Atau Anda juga bisa membuat toko online sendiri dengan mengeluarkan beberapa ratusan ribu rupiah saja. Tidak semahal jika membuka toko offline dengan biaya sewa yang mencapai puluhan juta rupiah.

Melengkapi stok

Stok barang yang lengkap akan menarik konsumen mampir ke toko Anda. Karena mereka tidak harus berpindah-pindah toko untuk membeli berbagai perlengkapan fotografi yang mereka butuhkan. Selain itu update barang yang dijual juga sangat diperlukan agar anda tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Untuk itu jangan melewatkan setiap perkembangan tren yang ada saat ini. Jangan lupa untuk lebih giat melakukan promosi untuk menjaring lebih banyak pelanggan yang akan menguntungkan untuk bisnis Anda ke depannya juga.

Berjualan secara offline maupun online

Anda bisa memilih berjualan secara offline maupun online. Atau dengan mengkombinasikan keduanya, yaitu berjualan secara offline dengan ditunjang dengan berjualan secara online untuk meningkatkan pangsa pasar. Untuk berjualan kamera secara offline maka Anda harus sudah menyiapkan tempat untuk usaha, stok barang, dan biaya operasionalnya. Sedangkan jika Anda memutuskan untuk melakukan bisnis jual beli kamera secara online, maka Anda akan lebih leluasa untuk menjalankannya. Anda bisa memanfaatkan forum-forum pecinta fotografi, situs jual beli online terpercaya, atau dengan membuka website toko online sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here