Hantologie_problem_solverJPG

hantologie.com, Menjadi seorang problem solver memang tidak mudah selain mememerlukan ketepatan berpikir, kamu juga perlu mencari keputusan yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah. Kali ini kita akan memberikan kamu tips menjadi seorang problem solver, tips ini dapat berguna untuk kamu yang ingin menjadi seorang problem solver yang baik dan benar. Karena tidak sedikit orang yang memperparah masalah dan bukan memecahkannya, hal tersebut tentu saja akan memuat keadaan semakin kacau.

Untuk itu kita akan langsung saja memberikan tips agar kamu atau siapapun dapat menjadi orang yang bisa memecahkan masalah dengan mudah, tanpa merugikan siapapun atau orang yang sedang membutuhkan bantuan.

Mencari Tahu Sumber Permasalahan

Untuk dapat memecahkan suatu masalah yang sedang di alami orang, kamu harus mencari tahu sumber permasalahan terlebuh dahulu. Hal ini menjadi awal yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi problem solver,  dengan mengerti inti dari masalah yang sebenarnya kamu akan mudah melanjutkan langkah apa yang harus di ambil.

Mencari Sumber Informasi Dari Dua Sisi

Jika kamu ingin menjadi penengah dan pemecah masalah bagi orang lain, sebaiknya kamu memiliki sifat bijak dengan cara mencari informasi dari dua sisi. Kamu dapat mencari informasi dari orang yang sedang terkena masalah, kemudian mencari tahu informasi dari saksi. Hal ini di perlukan agar ke akuratan inti permasalahan dapat di ketahui, karena akan repot juga jika kamu sedang memecahkan masalah namun sumber masalah masih simpang siur.

Mengerti Situasi Dan Kondisi

Langkah selanjutnya untuk menjadi seorang problem solver adalah mengerti situasi dan kondisi, karena hal ini dapat membantu kamu dalam proses penyelesaian masalah. Kamu dapat memulai tindakan mencari informasi atau menanyakan beberapa pertanyaan pada orang yang bersangkutan, namun dengan situasi dan kondisi yang kondusif. Atau  ketika kamu sedang menangani masalah tentang sengketa tanah, kamu dapat mencari waktu yang tepat untuk mencari informasi dari orang-orang sekitar sana.

Bersikap Tegas Dan Tidak Ragu

Tips menjadi seorang problem solver selanjutanya adalah bersikap tegas dan tidak ragu, sifat ini wajib di miliki bagi kamu yang ingin memecahkan masalah. Karena keraguan dan sikap tidak tegas tidak akan menghasilkan keputusan yang terbaik, dan akan menimbulkan  masalah lain. Jadi penting hukumnya memiliki sikap tegas dan tidak ragu, namun harus tetap bijak.

Memberikan Solusi Dan Jalan Keluar Yang Terbaik

Inti dari seorang problem solver adalah memecahkan masalah dan memberikan solusi yang terbaik, oleh karena itu kita harus bisa cepat mengambil keputusan dan memberikan solusi. Menyelesaikan masalah tidaklah mudah begitu juga memberikan jalan keluar dan solusi, karena setiap orang memiliki sifat yang sama. Kamu juga harus tau ukuran solusi apa yang harus kamu berikan, karena jika masalah yang sedang kamu hadapi sangat rumit solusi yang kamu berikan bisa jadi memiliki efek samping.

Memiliki Tanggung Jawab Dan Berani Mengambil Resiko

Untuk menjadi problem solver tentunya harus memiliki tanggung jawab, tanggung jawab ini di perlukan karena hasil  keputusan dari jalan keluar yang kita berikan belum tentu akan berakhir baik dan sesuai keinginan. Oleh karena itu jika kamuingin menjadi problem solver kamu harus siap tanggung jawab, dan mengambil resiko apapunyang akan datang.

Itulah tips menjadi seorang problem solver, memang tidak mudah namun jika di jalani dan kamu menguasainya kamu akan jadi orang yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here