Sadar atau tidak sekarang ini memang tengah dilakukan seleksi alam, karena banyak sekali diantara masyarakat di seluruh dunia yang mengalami kematian secara cepat disebabkan oleh infeksi virus Corona yang belakangan ini tengah mewabah. Pastinya banyak yang sudah mendengar nama virus yang satu ini bukan, apalagi semua tengah mengupayakan cara terbaik untuk mencegah penularannya menjadi semakin luas. Tak hanya di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia.

Covid 19 ini bukanlah jenis penyakit yang dapat Anda remehkan. Mengingat faktanya ia dapat menyerang siapa saja baik berusia tua maupun muda, pria maupun wanita. Jadi upayakan jika memang bisa hendaknya kita melakukan langkah pencegahan, agar nantinya tidak sampai terserang penyakit sistem pernapasan tersebut. Apalagi sampai saat ini jika Anda lihat juga belum ditemukan vaksin yang benar-benar ampuh untuk mengatasinya, setiap negara masih berupaya untuk menguji coba vaksin buatan mereka.

Mengapa virus Corona ini dikatakan sebagai penyakit berbahaya? Karena memang ia bisa menyebabkan berbagai macam resiko komplikasi pada orang-orang yang terjangkit. Bahkan juga sangat mungkin menyebabkan kematian. Berikut ini diantaranya ada beberapa resiko komplikasi yang disebabkan oleh penyakit ini, yaitu:

  1. Pneumonia, penyakit yang juga dikenal sebagai paru-paru basah, merupakan sebuah kondisi dimana paru-paru nantinya akan terisi dengan cairan sampai dengan nanah hingga darah sehingga menyulitkan bernapas. Jika sudah sampai dalam kondisi ini maka sangat mungkin akan merusak organ tubuh yang lainnya juga.
  2. Gagal napas akut, ketika kondisinya sudah sampai pada gagal napas, maka tubuh tidak akan menerima cukup oksigen, sehingga nantinya tidak bisa membuang karbondioksida yang ada di dalamnya, dampak terburuknya sudah pasti kematian.
  3. Kerusakan hati akut, nyatanya virus ini tak hanya menyerang pada paru-paru, melainkan juga hati. Karena jika seandainya paru-paru sudah rusak, maka kemungkinan besar juga akan menjalar ke organ hati.
  4. Kerusakan pada jantung, gangguan jantung juga sangat beresiko muncul kepada pasien Covid 19 ini. diantaranya adalah aritmia atau yang dikenal sebagai kelainan irama jantung menjadi tidak menentu sampai dengan peradangan yang bisa terjadi pada otot jantung.
  5. Acute respiratory distress syndrome, setidaknya ada sekitar 15 hingga 33 persen pasien Covid 19 yang mengalami kondisi ini. dikarenakan ketika paru-paru terisi oleh cairan maka nantinya oksigen juga akan susah masuk ke dalamnya. Jadi menyebabkan kesulitan di dalam bernapas, bahkan pasien membutuhkan ventilator untuk bernapas.
  6. Gagal ginjal akut, komplikasi lainnya yang juga sangat mungkin muncul disini adalah gagal ginjal. Dimana nantinya ginjal akan kehilangan fungsinya di dalam menyaring darah dan juga mengharuskan Anda untuk melakukan cuci darah secara rutin.
  7. Syok septik, disebabkan karena respon tubuh terhadap adanya infeksi ini justru salah sasaran. Bukannya menghancurkan virus yang menginfeksi, justru sel-sel sehatlah yang di hancurkan olehnya. Sehingga banyak organ sehat yang mengalami masalah dan tekanan darah juga mengalami penurunan secara drastis. Pada tahapan selanjutnya bahkan sangat besar kemungkinan dapat menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan secara tepat.

Jadi upayakan sebisa mungkin jika seandainya Anda merasakan gejala segera berobat. Namun jika seandainya belum terlalu jelas apakah benar-benar gejala infeksi virus Corona atau flu biasa tahan untuk ke rumah sakit. Anda sebaiknya mengisolasi diri di rumah terlebih dahulu. Konsultasi dengan dokter sekarang ini bahkan bisa dilakukan online menggunakan aplikasi Halodoc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here