Cara menghubungkan laptop ke TV
Menghubungkan laptop ke TV memberikan kemudahan untuk melihat gambar lebih luas.

Taukah kamu bahwa laptop bisa dihubungkan ke TV? Bagaimana cara menghubungkan laptop ke TV dengan mudah?. Laptop merupakan perangkat kerja yang bisa dibawa kemana-mana. Kita sering menyimpan beragam file-file penting di laptop. Ketika jenuh dengan pekerjaan kita duduk bersantai menonton film kesukaan kita atau bermain game.

Namun, apakah kamu merasa jenuh menonton menggunakan layar laptop terbatas? Atau terkadang laptopmu sering mati sendiri karena panas?. Don’t worry geng, kamu bisa menghubungkan laptopmu ke TV dengan mudah.

Dengan menghubungkan laptop ke TV,  kamu bisa streaming, nonton atau gaming di layar televisimu. Kamu bisa dengan bebas memilih tontonan sesuka hatimu tanpa perlu menunggu waktu jam tayang film kesukaanmu.

Selain itu, TV bisa dijadikan sebagai pengganti proyektor ketika kamu hendak presentasi. Terlebih lagi apabila TV tersebut memiliki ukuran yang besar. Kamu bisa dengan santai dan leluarsa mempresentasikan penelitianmu.

Caranya gampang banget loh! Ada dua jenis cara menghubungkan laptop ke TV yakni menggunakan kabel dan tidak menggunakan kabel. Berikut langkah-langkah yang kamu harus perhatikan untuk menghubungkan laptop ke TV:

Menghubungkan Laptop ke TV Dengan Menggunakan Kabel

Tentukan Tipe Porta yang Ada Dilaptop

Tipe porta biasanya lebih dari satu dan terletak sisi samping laptop. Berbeda merek, tahun dan jenis laptop maka berbeda pula tipe portanya. Berikut beberapa jenis tipe porta yang ada di sisi samping laptop

Porta di sisi samping laptop.
  • Porta VGA berwarna biru, berbentuk trapesium terbalik dan biasanya memiliki 15 pin yang terbagi dalam 3 baris.
  • Porta S-Video Port berbentuk lingkaran kuning denan jumlah lubang pin 4 atau 7.
  • Porta Video Komposit berwarna kuning dan berbentuk bulat.
  • Porta antarmuka video digital (digital video interface atau DVI) berbentuk persegi dengan memiliki 24 pin. Porta ini dibuat untuk koneksi berdefinisi tinggi.
  • Porta antarmuka multimedia berdefinisi tinggi (High Definition Multimedia Interface atau HDMI) bentuknya mirip porta USB yang dapat kita temui di handphone, namun porta ini lebih panjang dan tipis. Porta ini biasanya disematkan pada laptop keluaran tahun 2008 keatas dan didesain untuk koneksi berdefinisi tinggi.

Tentukan Tipe Porta yang Ada di TV

Setelah mengetahui tipe porta laptop yang kita miliki, kini saatnya mengecak tipe porta pada TV. Hal ini dilakukan agar kabel yang kita pilih nantinya untuk disambungkan benar dan tidak salah. Jenis TV berbeda-beda, apakah T V berdefinisi standar atau tinggi. Porta masukkan video biasanya terletak dibelakang TV, namun ada juga yang terletak disamping.

  • Porta Video Komposit atau Porta S-Video biasanya terletak pada TV berdefinisi standar. Tampilannya biasanya tidak setajam dengan layar monitor laptop.
  • Porta VGA, DVI atau HDMI biasanya terletak pada TV berdefenisi tinggi. Koneksi melalui porta VGA menghasilkan sinyal analog, sedangkan koneksi melalui DVI atau HDMI menghasilkan sinyal digital yang lebih baik dan bagus.

Gunakan Kabel yang Sesuai

Kabel sebagai medium agar apa yang tampak dilayar laptop bisa ditampilkan di layar TV. Untuk itu, kamu memiliki beragam pilihan kabel yang bisa kamu gunakan sesuai dengan porta yang ada di laptopmu dan TV. Berikut beberapa kabel yang bisa kamu coba

Kabel HDMI

Kabel HDMI

Hampir sebagian TV LED atau LCD memiliki fitur HDMI. Kehadiran porta HDMI memudahkan laptop untuk tersambung ke layar televisi. Biasanya, laptop dengan keluaran tahun 2008 ke atas telah dilengkapi dengan fitur HDMI.  Selain untuk menyambung laptop ke TV, HDMI akan memberikan kualitas gambar HD yang terbaik  dan dapat menangani file dilaptop dalam bentuk audio maupun video.

Sebelum menyambungkan, pastikan kabel yang akan kamu gunakan sesuai antara jarak laptop dan TV.  Atur TV ke masukkan HDMI yang tepat dan laptop biasanya langsung mengonfigurasi otomatis untuk memberikan pengaturan terbaiknya.

Jika laptop kamu tidak langsung otomatis menghadirkan tampilan pada layar TV, maka bisa dilakukan secara manual. Dengan cara klik kanan pada mouse > Display Setting (pengaturan tampilan) > Display (tampilan)> Adjust Resolution (sesuaikan resolusi) >Pilih TV pada display drop down box . Kamu juga dapat mengaksesnya melalui kontrol panel.

Kabel HDMI biasanya dijual sangat mahal, namun pada dasarnya semua kabel HDMI akan dapat mengirimkan sinyal ke TV tanpa menurunkan kualitas gambar.

Kabel VGA

Kabel VGA

Kabel VGA merupakan kabel alternatif jika jenis televisi kamu terlalu tua untuk memiliki fitur HDMI. Namun kekuranganya, kabel VGA hanya mampu menyalurkan gambar dari laptop ke TV tanpa audio. Untuk itu kamu harus menambahkan kabel tambahan yang terhubung dari laptop ke TV mu.

Gunakan Kabel Tambahan

Sejatinya, jika menghubungkan kabel VGA ke laptop akan otomatis tersambung. Namun jika tidak tersambung kamu harus melakukan setting manual dengan cara yang sama seperti kabel HDMI diatas. Jika ingin mendengarkan suara, maka kamu harus membeli dan menggunakan kabel audio tambahan.

Di sisi samping laptop terdapat lubang jack dengan ukuran 3,5 mm yang biasanya terdapat ikon headseat didekatnya. Gunakan kabel jack audio, masukkan pada lubang tersebut dan hubungkan ke lubang audio pada TV. Kabel bisa digunakan jika TV anda memang memiliki lubang audio juga

Selain menghubungkan kabel audio dari laptop ke TV. Kamu juga bisa menggunakan perangkat eksternal lainnya seperti speaker untuk menghasilkan suara yang lebih besar. Sebelum kamu menghubungkan kabel audio, pastikan porta ujung kabel telah sesuai denga perangkat laptop maupun TV.

Gunakan Adaptor Jika Tiap Ujung Porta Tidak Sesuai

Jika porta keluaran laptopmu berbeda dengan porta jenis TV, maka kamu bisa menggunakan adaptor sebagai medium penyambung kabel. Adaptor juga dapat digunakan untuk mengubah DVI ke HDMI atau VGA ke video komposit. Kamu juga bisa menghubungkan USB pada komputer dengan porta HDMI pada TV, jika laptop kamu tidak menyedikan fitur HDMI.

Pindahkan Tampilan ke TV

Sebagian laptop memiliki  “tombol tampilan” yang bisa diakses dengan menekan tombol Fn (function) pada keyboard. Tombol ini memiliki fungsi agar kita bisa dengan mudah mengatur tampilan yang kita inginkan melalui pilihan-pilihan yang ada. Kamu bisa memilih untuk laptop dan TV menampilkan gambar atau salah satunya (tampilan hanya pada TV atau Laptop).

  • Pengguna Windows 8 dan 7 dapat menekan tombol Windows+P untuk memungkinkan kamu memilih jenis tampilan yang kamu inginkan.
  • Bila tidak bisa menggunakan hal tersebut, silahkan kamu melakukannya dengan cara yang lain. Klik kanan mouse anda pada desktop, kemudian pilih “Properties/Screen Resolution” , selanjutnya pilih “Multiple Displays”. Dengan begitu kamu bisa memilih jenis tampilan yang kamu mau.

Sesuaikan Resolusi Layar

Seringkali resolusi layar pada laptop dan TV tidak sama, terutama pada TV keluaran lama. Untuk memperbaiki resolusi, kamu bisa melakukan dengan manual pada laptop setelah terhubung ke TV. Caranya dengan klik kanan mouse anda pada dekstop, kemudian pilih “Properties/Screen Resolution”, lalu pilih resolusi yang anda inginkan.

Apabila TV Berdefinisi Tinggi

Apabila laptop yang kamu miliki disambungkan dengan TV dirumah berdefinisi tinggi, kamu akan melihat beberapa gambar tampil di TV dan laptopmu tidak menampilkan gambar tersebut. Hal ini wajar terjadi.  Untuk melihat gambar pada laptopmu, kamu harus memutuskan koneksi pada TV.

Gunakan Nirkabel

Apabila kamu menemukan kesulitan memasang kabel-kabel untuk menghubungkan laptop ke TV seperti yang dijelaskan diatas, belilah alat streaming nirkabel agar tidak perlu repot-repot memasang kabel dan memberikan kesan yang rapi.

Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Chromecast alat menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel

Jika kamu merasa kesulitan untuk mencocokan porta laptop dengan TV dan ribet membeli kabel yang kadang tidak sesuai, maka kamu bisa mencoba menghubungkan laptopmu dengan TV tanpa menggunakan kabel. Untuk satu ini kamu bisa mengandalkan Chromecast. Dengan menggunakan Chromecast kamu bisa menyambungkan laptop ke TV dengan wireless

Chromecast merupakan perangkat yang diluncurkan Google yang memungkinkan kita untuk dapat menonton video melalui televisi.  Hal-hal yang dipersiapkan cukup mudah. Kamu harus menyediakan laptop dengan sistem operasi Windows atau Mac untuk dijadikan sebagai remote control di televisi kamu.

Keunggulan lainnya menggunakan Chromecast adalah tidak hanya laptop yang bisa terhubung langsung dengan TV tanpa menggunakan kabel, tetapi juga bisa menggunakan smartphone, tabler berbasis andorid dan IOS. Wah keren banget bukan?!

Yuk disimak langkah-langkah menggunakan Chromecast agar laptopmu bisa tersambung dengan TV tanpa menggunakan kabel :

Siapkan dahulu kabel Chromecast yang akan digunakan untuk menghubungkan laptop ke TV

Chromecast biasanya dilengkapi dengan kabel HDMI yang pendek yang biasanya di letakkan di port HDMI televisi. Namun, kabel HDMI ini tidak tidak disambungkan ke laptop yang mana nanti menjadi remote control kamu. Hubungkan kabel HDMI di port TV yang tersedia, kemudian hubungkan ujung lainnya pada port USB yang tersedia di TV.

Nyalakan TV Anda. Jika Chromecast belum terdeteksi oleh TV meski telah terpasang, coba periksa kembali dan pindahkan ke input yang tepat. Gunakan laptop yang berfungsi sebagai remote control untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan chromecast.

Apabila kamu menggunakan perangkat Andorid atau IOS sebagai remote control, kamu bisa menginstall aplikasi Chromecast di Google Playstore atau App Store. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis. Namun bila kamu menggunakan laptop Windows atau Mac, kamu bisa masuk dan browsing dan masuk ke google.com/chromecast/setup.

Setelah aplikasi tersebut telah berhasil kamu pasang pada Smartphone atau komputer, segera buka dan pilih menu “Set-Up”. Hal ini dilakukan untuk menghubungkan jaringan Wifi antara perangkat kamu dengan TV. Pilih negara tempat anda berasal, kemudian pilih Next untuk melanjutkan ke menu selanjutnya.

Tunggu beberapa saat sampai aplikasi perangkat anda benar-benar telah terhubung ke chromecast. Setelah itu, akan ada kode verifikasi yang sama muncul pada perangkat dan TV. Setelah itu kamu bisa menggunakan default sesuka hatimu.

Selaint berbentuk kabel, Chromecast bisa kamu dapatkan dalam bentuk USB. Di Indonesia, telah tersedia Chromecast dalam bentuk USB yang bisa kamu beli dengan harga Rp. 690.000. Sementara itu, harga kabel Chromecast di Indonesia sedikit lebih murah dari USB yakni sekitar Rp. 320.000.

Itulah cara menghubungkan laptop ke TV dengan cepat. Kamu bisa memilih untuk menggunakan kabel atau tidak menggunakan kabel. Dengan menghubungkan laptop ke TV memberikan kemudahan kepadamu untuk melihat gambar dengan tampilan yang lebih luas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here