Tips SehatQ: Perhatikan Cara yang Perlu Dilakukan Saat Muntah

0
3
wanita muntah

Info penyakit kali ini akan membahas tetang muntah, tetapi muntah sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala dari kondisi tertentu. Muntah bisa menjadi tanda bahwa kondisi tersebut cukup serius, namun kebanyakan tidak berbahaya bagi kesehatan. Muntah adalah ketika mengeluarkan kembali sesuatu yang ada di perut melalui mulut. Muntah juga menjadi cara tubuh dalam merespon iritasi yang ada dalam saluran cerna.

Muntah pada orang dewasa bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari adanya keracunan makanan, adanya infeksi virus atau bakteri pada saluran cerna, sakit kepala, GERD, irritable bowel syndrome, penyakit Crohn, perasaan cemas, atau karena tengah menjalani pengobatan seperti kemoterapi atau mengonsumsi obat-obatan semisal antibiotik, morfin, atau anestesi.

 Pada orang dewasa, apabila mengalami muntah ada baiknya untuk beristirahat dan menghindari aktivitas fisik. Perbanyak minum air putih dan minuman yang mengandung elektrolit guna membantu pencegahan terjadinya dehidrasi. Sebagai upaya pencegahan, perhatikan tanda-tanda tubuh. Semisal, sebelum muntah biasanya ada perasaan tidak nyaman di perut.

 Apabila merasakan hal-hal seperti itu, coba untuk menarik nafas dalam-dalam, meminum teh jahe atau makan makanan yang mengandung jahe, guna membantu mengurangi rasa mual dan tidak enak pada perut. Meskipun begitu, ada pula kondisi lain yang membuat muntah sulit untuk dicegah. Semisal, muntah akibat konsumsi alkohol berlebih.

 Sebab, mengonsumsi banyak alkohol bisa meningkatkan level racun pada aliran darah yang membuat tubuh akhirnya harus muntah guna mengembalikan keseimbangan di darah ke level normal. Setelah muntah, jangan makan makanan berat karena bisa memicu muntah berikutnya. Sebaliknya, konsumsi makanan yang tawar dan dalam porsi kecil.

 Hindari makanan yang sulit dicerna seperti susu, keju, kafein, makanan yang digoreng, dan makanan pedas. Setelah muntah, pastikan selalu membersihkan mulut dengan berkumur menggunakan air. Sebab, ketika muntah asam lambung keluar ke mulut dan bisa merusak gigi. Jangan menggosok gigi setelah muntah karena dapat merusak gigi yang baru saja terpapar asam lambung sehingga enamel gigi menjadi melemah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here