Berbahaya bagi Kesehatan, Ketahui Penyebab Obesitas dari SehatQ.com

0
10
penyebab obesitas

Kegemukan atau juga dikenal obesitas merupakan kondisi medis saat sesorang memliki berat badan atau lemak berlebih yang membahayakan kondisi kesehatan. Namun banyak orang yang menyepelekan kondisi ini padahal sangat berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit.

Seorang dokter atau ahli gizi biasanya akan tahu seseorang mengalami obesitas jika memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) atau body mass index (BMI) yang tinggi. IMT sendiri digunakan untuk mengukur berat badan ideal seseorang berdasarkan umur, jenis kelamin, dan tinggi badannya. Kelebihan berat badan atau lemak sendiri dapat memicu penyakit serius seperti penyakit jantung, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan lainnya.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab terjadinya obesitas?

1. Konsumsi Kalori Berlebih

Banyak faktor yang memicu terjadinya kelebihan berat badan sampai lebih dari batas normal. Hal pertama yaitu seringnya mengkonsumsi kalori terlalu banyak. Kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada yang digunakan tubuh sebagai energi makan akan disimpan tubuh sebagai lemak. Itulah yang menyebabkan terjadinya lebih berat badan. Jenis makanan yang mudah menambahkan berat badan yaitu makanan tinggi lemak dan gula.

2. Gaya Hidup Pasif

Faktor penyebab lainnya juga bisa karena gaya hidup yang pasif. Pola gaya hidup pasif dapat menyebabkan kelebihan berat badan karena hanya sedikit kalori yang terbakar. Seperti misalnya bekerja seharian di kantor, berleha-leha main game atau menonton televise, atau juga berpergian dengan mengguanakan mobil. Semakin sedikit seseorang bergerak maka semakin sedikit kalori yang dibakar. Aktivitas fisik juga diketahui baik untuk menjaga tingkat insulin tetap stabil.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur juga menjadi faktor penyebab bertambahnya berat badan. Berdasarkan penelitian di Inggris, kurangnya tidur dapat meningkatkan terjadinya obesitas baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Itu karena kurang tidur memicu perubahan hormonal yang akan meningkatkan nafsu makan.

4. Efek Samping Obat

Nah ini mungkin bisa kamu perhatikan, karena mengonsumsi obat ternyata juga dapat menimbulkan efek samping berat badan berlebih.  Beberapa jenis obat yang dapat meningkatkan berat badan yaitu, antipsikotik atipikal, antikonvulsan dan penstabil suasana hati, obat hipoglikemik, glukokortikoid dan beberapa jenis antidepresan.

5. Genetik

Faktor genetik juga sangat mempengaruhi loh. Anak-anak dari orang tua yang gemuk lebih mungkin memiliki berat badan yang gemuk dibanding dari orang tua yang kurus. Akan tetapi tidak berarti obesitas sudah ditentukan sebelumnya. Makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar pada gen mana yang diekspresikan dan mana yang tidak. Jadi, genetik memang berpengaruh pada risiko obesitas, namun bisa dicegah dengan pola makan sehat.

6. Resisten Leptin

Leptin merupakan jenis hormone yang berperan dalam obesitas. Leptin diproduksi dari sel lemak sehingga tingkat darahnya meningkat dengan massa lemak yang lebih tinggi. Oleh sebab itu kadar leptin sangat tinggi pada orang yang kelebihan berat badan. Itu karena leptin tidak bekerja semestinya pada banyak orang yang mengalami obesitas. Kondisi tersebut disebut dengan resistensi leptin.

Nah itulah beberapa faktor pemicu terjadinya obesistas. Kamu mungkin bisa mulai mencegah terjadi kelebihan berat badan pada dirimu maupun keluargamu. Jika memang kamu sudah memiliki berat badan berlebihan maka lekaslah ke ahlinya untuk menghindari terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Kita semua juga bisa mulai mencegah berat badan berlebih sejak dini ya.

Hal itu dapat dilakukan dengan memperhatikan pola hidup dan pola makan. Seperti mengonsumsi banyak protein, menghindari makanan olahan, memilih camilan sehat, batasi asupan gula, minum air putih secara teratur, cukup tidur, rajin melakukan olahraga, menjalankan diet rendah karbohidrat, mengkonsumsi probiotik dan rajin menyikat gigi setelah makan. Hal tersebut mungkin bisa membantu kita mencegah terjadinya obesitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here