sejarah harbolas

Salah satu perayaan yang selalu hadir setiap tahun adalah Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Pastinya istilah ini sudah sering kamu dengar. Atau mungkin saja setiap tahun kamu ikut meramaikan dan tak pernah ketinggalan. Jika belum tahu, artikel ini akan secara spesifik membahas mengenai awal mula hadirnya istilah 12.12 ini.

Harbolnas ini menjadi kegiatan tahunan yang pertama kali hadir di Indonesia tahun 2012 melalui inisiatif beberapa e-commerce yang ada di Tanah Air. Awalnya diselenggarakan setiap 12 Desember. Namun, sekarang sudah dimulai sejak bulan September hingga Desember. Biasanya diperingati pada tanggal-tanggal cantik seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. dengan didukung oleh sejumlah mitra, seperti pihak perbankan, pelaku industri telekomunikasi, media, hingga pihak logistik. Dan di tahun keenam ini, sudah diramaikan oleh lebih dari 300 e-commerce yang turut serta berpartisipasi.

Sejarah Harbolnas

Di beberapa negara di dunia sudah lebih dulu dikenal adanya sebuah perayaan belanja online. Ada Cyber Monday yang terkenal seperti di Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, dan Kanada. Cyber Monday ini digelar setelah Thanksgiving Day, di mana para peritel mengadakan promo besar-besaran untuk menarik para konsumen berbelanja online.

Cyber Monday ini sebenarnya terinspirasi dari Black Friday, salah satu perayaan belanja yang dilaksanakan di hari Jumat setelah Thanksgiving day. Biasanya masyarakat mulai berbelanja untuk keperluan Natal pada Black Friday ini. Toko-toko pun akan buka lebih lama dan saling berlomba menawarkan promo dan diskon besar pada konsumen.

Disebut Black Friday karena adanya perubahan neraca pembukuan dari rugi ke untung. Atau digambarkan seperti pada raport yang pada bulan Januari-November tercatat mengalami kerugian yang dikiaskan dengan tinta merah, dan mendapat banyak profit saat menjelang Natal dan libur Thanksgiving Day, yang dikiaskan dengan tinta hitam. Di mana dalam praktik akuntansi dan keuangan, hal ini berdampak positif membuat laporan tahunan (annual report).

Inilah yang mengilhami adanya Harbolnas. Kampanye ini dibuat dengan misi mengedukasi masyarakat tentang kemudahan dan kenyamanan berbelanja online yang dapat dilakukan kapan saja. Selain itu, kampanye yang berlangsung 24 jam ini juga memiliki tujuan untuk memajukan industri e-commerce yang ada di Indonesia, mengingat pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi.

Harbolnas Blibli Histeria Syok 2019

Sama halnya seperti e-commerce lain, Blibli juga ikut menggelar program belanja spesial dalam rangka memeriahkan Harbolnas dengan tajuk Blibli.com Histeria Syok. Program ini sudah mulai sejak 1 Oktober hingga 31 Desember 2019. Ada Histeria Syok 10.10, Histeria Syok 11.11 di bulan November ini, dan Histeria Syok 12.12 di bulan Desember nanti.

Program ini secara khusus disajikan untuk seluruh pelanggan di Tanah air yang memadukan belanja dengan gamification CAPIT (Cara Belanja Paling Irit). Adanya game ini akan membuat pelanggan merasa sensasi belanja online yang tidak membosankan dan dapat menebus barang idaman dengan harga yang bikin syok.

Cara mainnya mudah. Setiap pembelanjaan minimal Rp 100 ribu (tidak berlaku kelipatan) dan melakukan berbagai aktifitas yang disarankan oleh Blibli, pelanggan akan memperoleh 1 Token Histeria selama periode Oktober hingga Desember. Token Histeria ini dapat digunakan untuk ikutan CAPIT, game yang bisa dimainkan di aplikasi Blibli. Main game CAPIT ini, pelanggan bisa dapat barang-barang (random) dengan harga SYOK. Barang yang berhasil didapat tersebut bisa ditebus dalam waktu 24 jam.

Bisik-bisiknya, pas tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember nanti, bakal ada program SUPER SYOK! Jangan sampai ketinggalan buat kamu para pemburu diskon dan promo. Paling penting kamu harus kumpulin token sebanyak-banyaknya agar kesempatan dapat barang murahnya juga semakin besar.

Ada beragam cara untuk meramaikan Harbolnas. Masing-masing e-commerce punya penawaran tersendiri sebagai upaya untuk menarik para pelanggan. Sudah siap menyambut Hari Belanja Nasional 12.12 tahun ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here