tips memilih kosmetik aman

Semua wanita pasti ingin penampilan yang menarik supaya lebih percaya diri. Saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer untuk wanita. Percaya atau tidak, seorang wanita tentu memakai produk kosmetik dari yang berguna untuk perawatan kulit sampai dekoratif. Sekarang ini produk kosmetik bervariasi dan makin banyak brand yang hadir di kalangan wanita. Tetapi dunia kecantikan ini pernah dihebohkan dengan adanya produk kosmetik palsu yang beredar. Berikut ini beberapa tips memilih kosmetik yang aman dan terbaik untuk Anda.

  • Utamakan Kosmetik Halal

Produk kosmetik halal menuliskan label halal dari LPPOM MUI atau Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia.  Status halal adalah suatu bukti bagi sebuah produk mengandung bahan yang aman untuk dipakai. Tidak semua produk kecantikan yang dijual itu halal. Wardah merupakan rekomendasi merek kosmetik yang halal dan telah dipercaya oleh perempuan Indonesia.

  • Cermati Komposisi Bahan Kosmetik

Sebelum Anda memberi keputusan untuk membeli produk kecantikan, sangat direkomendasikan untuk meneliti komposisi bahan di kemasan produk. Anda dapat menyesuaikan dengan tipe kulit dan menghindari bahan yang bisa menimbulkan alergi. Cermati juga zat yang bahaya untuk kulit atau haram misalnya hidroquinon, merkuri, rhodamin, dan sejenisnya.

  • Perhatikan Cara Penggunaan

Salah satu hal yang juga penting, pilih produk kecantikan sesuai tujuan pemakaian agar Anda mendapatkan manfaat paling baik dari produk yang Anda beli. Contohnya night cream yang bisa dipakai pada malam hari, Anda gunakan pada siang hari disebabkan day cream habis. Kulit wajah menjadi kurang terproteksi disebabkan night cream tidak memiliki kandungan SPF.

  • Cermati Merek Kosmetik

Anda perlu waspada bila produk yang Anda pakai tidak menuliskan identitas produsen pada kemasan dengan jelas. Alamat dan nama produsen penting untuk dapat Anda hubungi bila Anda memiliki masalah dengan produk yang Anda gunakan. Identitas produsen dapat jadu salah satu ciri kosmetik yang aman untuk digunakan.

Kosmetik Aman untuk Wajah Anda

kosmetik aman untuk wajah

Kosmetik telah jadi bagian dari gaya hidup wanita. Memilih kosmetik tidak bisa asal. Salah pilih, wajah dapat menjadi bermasalah. Zat yang berbahaya umumnya memiliki sifat pore clogging atau penyumbat pori-pori, antigen atau penyebab alergi, dan memiliki kandungan logam berat. Zat antigen bisa membuat reaksi berupa kulit kemerahan dan gatal. Bahan yang menyumbat pori-pori bisa jadi cikal bakal dari komedo dan jerawat. Untuk logam berat seperti merkuri dan timbal dapat mengakibatkan kanker dan gangguan janin untuk ibu hamil.

Fungsi perlindungan berfungsi sebagai pelindung wajah dari pancaran sinar matahari. Sebaiknya memilih kosmetik yang memiliki label PA dan SPF. Kelembapan bisa dijaga dengan fungsi melembabkan, seperti shea butter. Selain itu, kegunaan nutrisi juga penting. Adanya kandungan vitamin E bisa menjaga kulit supaya selalu sehat dan tidak ada masalah penuaan dini. Mempunyai kulit indah pasti jadi impian semua individu, tidak aneh industri kosmetik sangat berkembang akhir-akhir ini.

Banyak produk baru bemunculan setiap waktu dengan menawarkan banyak manfaat bagi kulit. Mulai dari menghaluskan, mencerahkan, sampai anti aging atau mencegah penuaan. Tetapi harus cermat, sebab ternyata kosmetik yang tidak aman juga semakin banyak beredar. Dengan maraknya situs belanja online, banyak oknum makin mudah untuk menawarkan produk-produk berbahaya di antara produk kecantikan favorit Anda. Hal itu pasti bisa membawa efek buruk untuk kesehatan kulit Anda.

  • Slogan KIK

Untuk terhindar dari kosmetik yang berbahaya menurut BPOM, bisa dilakukan melalui KIK, yaitu Kemasan Izin Edar dan Kadaluwarsa. Waktu sebelum Anda membeli, teliti lebih dahulu kemasan produk kecantikan. Pastikan informasi merek, fungsi komposisi sampai nomor izin edar ada di kemasan. Kemasan kosmetik juga wajib dalam keadaan yang baik, jangan sampai Anda beli kosmetik dengan kemasan yang tidak lengkap.

Kedua, cermati ada atau tidak izin edar yang nantinya bisa Anda sesuaikan dengan produk yang terdaftar di website resmi BPOM.  Kosmetik yang tidak mempunyai izin edar berarti tidak terdaftar atau termasuk produk kecantikan palsu. Terakhir, cermati tanggal kadaluwarsa yang ada sehingga keamanan kosmetik Anda bisa terjamin.

  • Cermati Izin BPOM Kosmetik

Banyak produk obat-obatan dan makanan, termasuk kosmetik yang ada di Indonesia harus memiliki izin dari BPOM. Produk yang sudah terdaftar di BPOM bisa dipastikan kelayakan dan keamanannya. Paling tidak, produk yang sudah terdaftar di BPOM telah ada standar yang ditetapkan untuk bisa layak edar dan bisa dijual di Indonesia. Setiap beli produk kosmetik, cermati bahwa nomor BPOM produk tertulis di kemasan. Produk yang tidak mempunyai nomor registrasi BPOM berarti tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.

  • Kemasan Produk Kosmetik

Tidak jarang kosmetik berbahaya tidak hanya produk dengan merek yang tidak terdaftar, namun juga berbagai produk merek ternama yang dipalsukan. Ada banyak cara untuk membedakan kosmetik asli dengan kosmetik palsu berbahaya. Pertama, perhatikan label dan kemasan produk. Kemasan produk palsu umumnya memiliki kualitas kurang baik dan tampak bahwa label merupakan hasil cetakan manual.

Sejumlah brand umumnya menempel stiker hologram pada bagian penutup kemasan untuk menjamin aslinya sebuah produk. Anda harus menemukan stiker hologram produk kecantikan dengan kondisi baik. Anda harus beli produk kosmetik dari seller terpercaya yang dapat Anda pastikan dari ulasan pelanggan yang lain. Bila Anda beli situs belanja, pastikan penjual yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here